Tinggalkan komentar

Adi Santoso

Pramuka Bogor

Teman-teman kePRAMUKAan

Kementerian Kehutanan  menambah satu lagi Profesor Riset dari Badan Litbang Kehutanan, setelah sebelumnya memiliki tujuh Profesor Riset yang telah dikukuhkan. Beliau adalah  Prof. Dr. Drs. Adi Santoso, M.Si. Alumni SMPN 4 BOGOR tahun 1974, yang oleh Majelis Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, pada 25 Oktober 2011, bertempat di ruang Rimbawan II gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Dalam acara pengukuhan tersebut Dr. Adi Santoso, M.Si  menyampaikan pidato mengenai  “Tanin dan Lignin dari Acacia mangium Wild sebagai Perekat Kayu Majemuk Masa Depan”. (Perekat Tanin untuk Produk Perkayuan (Nomor Pten : ID P0028142, Inventor : Prof.Dr.Drs. Adi Santoso, M.Si.). Produk perekat tannin berbahan dasar alami kulit kayu mangium, yaitu TA 3002, TP 3041 dan TR 3051. Ketiganya diciptakan untuk menggantikan perekat sintesis berbasis phenolik dan resorsinol yang selama ini diimpor. Merupakan paten hasil penemuan yang terdaftar atas nama Puslitbang Keteknikan Kehutanan dan Pengolahan Hasil Hutan.  Hasil riset yang dicapai oleh Dr . Adi Santoso, M.Si merupakan salah satu pencapaian yang membanggakan, karena dari hasil risetnya di targetkan mampu untuk mengurangi ketergantungan impor dan juga pencemaran lingkungan dari perekat kayu, seperti perekat kayu jenis termoset sintesis yang sebagian besar berasal dari hasil minyak bumi. Salah satu upaya untuk mengurangi dampak tersebut adalah menggantikannya dengan bahan baku perekat yang berasal dari bahan nabati seperti tanin dari kulit pohon Acacia mangium Wild atau lignin yang berasal dari lindi hitam (black liquor)  selain berasal dari dalam negeri kedua bahan ini juga dapat dipulihkan (reneweble) dan tidak mencemari lingkungan. Perekat jenis tanin dan lignin juga relatif luas pengunaannya dan cocok untuk jenis kayu lunak yang berbobot jenis rendah maupun jenis kayu keras berbobot jenis tinggi dengan kulitas eksterior. Penggunaan bahan tanin  juga mampu untuk mereduksi pemakaian bahan baku dari hasil olahan minyak bumi hingga 84% (fenolik) dan formalin 51%, sedangkan penggunaan lignin dapat mereduksi pemakaian fenolik hingga 58% dan formalin 63% sehingga mampu untuk menekan emisi formaldehida dan terciptanya teknologi yang ramah lingkungan sehingga mampu menekan efek pemanasan global.Tokoh SMPN 4 BOGOR

Nama Peneliti                                  

:

Prof. Dr. Drs. Adi Santoso, M.Si.

NIP

:

19580705 198903 1 007

Tempat/Tanggal Lahir

:

Bogor, 5 Juli 1958

Alamat

:

Jl. Raya Sindangbarang 432/23

 

Unit Kerja

:

PUSTEKOLAH

E-mail

:

asanto10@yahoo.com

Jabatan Fungsional

:

Peneliti Utama

Bidang Kepakaran

:

Pengolahan Hasil Hutan

Bidang Penelitian

:

Perekat dan Perekatan

Disiplin Ilmu

:

Kimia

Pangkat/ Golongan

:

Pembina Utama Madya, Gol IV/d

 

Mulai bekerja di Badan Litbang Kehutanan (Pusat Litbang Hasil Hutan) sebagai tenaga honorer sejak tahun 1986. Pada tahun 1989 – sekarang menjadi peneliti dibidang Pengolahan Hasil Hutan dengan subyek penelitian utama perekat dan perekatan. Posisi yang diduduki sekarang adalah jabatan fungsional sebagai Peneliti Utama dan pada tanggal 25 Oktober 2011 dikukuhkan sebagai Profesor Riset.
Ketika sekolah di SMP Negeri 4 Bogor (1972-1974) beliau aktif dibidang kePRAMUKAan, dan menjadi Komandan Regu, salah seorang anggotanya Heri Heryanto (Aluspat 75). Lulus SMP meneruskan ke SAKMA kemudian kuliah di UNPAD.
Gelar Sarjana Kimia diperoleh pada tahun 1986 dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Padjadjaran Bandung. Pada Tahun 1994 gelar master Ilmu Pengetahuan Kehutanan (IPK) diperoleh dari Institut Pertanian Bogor. Gelar Doktor diperoleh pada tahun 2003 di bidang IPK dari IPB. Penelitian yang dilakukan sejak 1986 yaitu bidang teknologi hasil hutan dengan keahlian pengolahan hasil hutan dalam penelitian bidang produk majemuk. Penelitian yang telah dilakukan antara lain tentang perekat tannin dan lignin. Selain sebagai peneliti juga diminta sebagai pengajar dan pembimbing mahasiswa dibeberapa perguruan tinggi seperti Sekolah Pasca Sarjana IPB Bogor, Fakultas Kehutanan dan Fakultas Peternakan IPB Bogor, Fakultas MIPA program studi Kimia UNB Bogor, program studi Kimia Sekolah Tinggi MIPA Bogor, Akademi Kimia Analisis (AKA) Bogor, Direktorat Program Diploma program studi Analis Kimia – IPB Bogor, Fakultas MIPA Jurusan Kimia Murni ITB Bandung, Sekolah Tinggi Analis Kimia Cilegon Mandiri-Cilegon dan Fakultas Kehutanan Universitas Winayamukti, Jatinangor.Sampai dengan saat ini telah menghasilkan 130 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/buletin ilmiah, abstrak, laporan dan prosiding baik jurnal nasional maupun internasional.

Alumni SMPN 4 BOGORKementrian Kehutanan.

Adi Santoso

Teman2 Alumni SMPN 4 BOGOR ketika Jalan Pagi Sehat di Kebun Raya Bogor dalam rangka menuju Silaturahmi Akbar

Istana Bogor

REUNI ALUSPAT 1974 BOGOR

Kota Bogor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: