Tinggalkan komentar

Fatuchri Sukadi

Menurut  Dr. Ir. Fatuchri Sukadi (mantan Direktur Jenderal Perikanan Budi Daya Ditjen Perikanan Budi Daya DKP): Pemulihan Ekonomi Indonesia di sektor kelautan dan perikanan di Indonesia, terutama budi daya perikanan dapat menjadi penggerak utama. Bahkan, dikatakannya, pembangunan budi daya perikanan ini menunjukkan hasil yang cukup signifikan dilihat dari peningkatan produksi volume ekspor dan konsumsi ikan.

Dengan kata lain, bila sektor ini dikembangkan dengan serius, kesejahteraan nelayan bisa diperbaiki. Hanya sayangnya saat ini bila dilihat dari potensi yang ada realisasi tersebut masih belum sebanding. ”Pengembangan perikanan budi daya ini sejalan dengan pemikiran membangun sektor perikanan yang berdaya saing, berkelanjutan, dan berkeadilan,” katanya. Untuk itu, Pemerintah dalam waktu mendatang akan menggenjot nilai ekspor hasil perikanan budi daya. Ditargetkan paling tidak setiap tahunnya terjadi peningkatan sekitar 300 ribu metrik ton dari hasil budi daya perikanan ini.

Diprediksikan terjadi kenaikan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun seiring dengan berkurangnya produksi ikan tangkap dan tingginya permintaan pasar. Dia memaparkan di Indonesia khususnya, perkembangan areal dan produksi budi daya perikanan cukup menggembirakan. Diharapkan produksinya terus mengalami peningkatan sejalan dengan peningkatan volume yang diekspor. ”Yang potensial untuk dibudidayakan di Indonesia saat ini meliputi udang, kerapu, rumput laut dan nila karena merupakan komoditi budi daya yang cukup besar pangsa pasarnya,” jelasnya. (Alumni SMPN 4 BOGOR tahun 1962 / ALUSPAT’62)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: